Lensa Biroe

Mitra Terpercaya

Tanggamus

Akhirnya, SPBUN KUD Mina Teluk Semangka Kembali Operasi, Salurkan Solar Nelayan.

Tanggamus—Untuk membantu penuhi kebutuhan bahan bakar solar bersubsidi bagi nelayan dan petani kecil di Tanggamus maka Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Teluk Semangka Kotaagung, kembali operasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN).

Resminya pengoperasian SPBUN tersebut ditandai dengan pemasangan segel tera sementara oleh pihak Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan (Diskoperindag) Bidang Meteorologi Kabupaten Tanggamus, Kamis (14/01/2021) dilokasi SPBUN di areal Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Laut, Pasarmadang, Kota agung.

Menurut Ketua Unit SPBUN Ahmad Alfian, bahwa SPBUN resmi dapat beropeeasi setelah diuji dan dipasang segel tera sementara oleh Dinas terkait yakni Diskoperindag Tanggamus.

Dalam pengembangan SPBUN kedepan, managemen akan selalu bersinergi dengan perangkat daerah dan elemen masyarakat, utamanya Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tanggamus.

Adapun penyaluran bahan bakar solar tidak hanya peruntukan nelayan tangkap, juga untuk nelayan budidaya dan petani.

“Dalam pengoperasian SPBUN kedepan kami akan lebih bersinergi dengan HNSI dalam rangka memaksimalkan penyaluran bahan bakar solar subsidi kepada nelayan. Terutama sekali dalam rangka memasok solar ke beberapa daerah yang terisolir dan sulit dijangkau, disini kami bekerjasama dengan HNSI untuk tekhnis penyaluran di lapangan, ” katanya.

Ahmad Alfian menerangkan, adapun penyaluran bahan bakar solar tidak hanya peruntukan nelayan tangkap, juga untuk nelayan budidaya dan petani.

Namun untuk pembelian solar di SPBUN harus memenuhi persyaratan sesuai aturan dan undang undang yang berlaku.

“Maka kami pihak KUD berkerjasama dengan HNSI Tanggamus untuk penyaluran solar kepada nelayan dan petani, yang mana HNSI akan mendata nelayan atau petani yang membutuhkan solar, ” terangnya.

Sementara itu Ketua KUD Mina Teluk Semangka Joni Madasik yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua HNSI Tanggamus menjelaskan, bahwa SPBUN merupakan salah satu unit kerja KUD Mina yang berusaha di bidang penyaluran bahan bakar solar bersubsidi kepada nelayan dan petani.

Dengan kembalinya beroperasinya SPBUN ini diharapkan akan menunjang dan membantu para nelayan tradisional di perairan Teluk Semangka dalam beraktifitas menangkap ikan. Begitu juga untuk nelayan budidaya dan para petani kecil.

“Dan tentunya dasar kami mendirikan SPBN ini untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani kecil kita, dengan semakin mudahnya mendapatkan solar murah bersubsidi. Yang mana akan kami usahakan menjangkau keseluruh pelosok daerah dan pesisir dengan mendirikan sub penyalur, ” Jelas Joni. (LBcru).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *