Lensa Biroe

Mitra Terpercaya

Tanggamus

Petani Harap 6 Klon Kopi Robusta Tanggamus Di Sertifikasi.

Tanggamus–Kabupaten Tanggamus ternyata telah memiliki enam (6) klon bibit kopi robusta, asli dari pengembangan bibit dari kelompok tani binaan Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus.

Namun sayangnya 6 klon Kopi robusta yang bisa menjadi ikon kopi Tanggamus karena mempunyai cita rasa khas kopi robusta Tanggamus ini, belum memiliki sertifikasi atau di hakpatenkan, sehingga belum dapat dipasarkan secara luas.

Diketahui, kopi robusta merupakan turunan dari spesies utama Canephora, oleh sebab itu, variasi tanaman robusta tidak disebut jenis atau varietas, namun disebut klon.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Produksi dan Pembenihan Perkebunan Hadison mendampingi Kepala Dinas BunnakTanggamus Dhani Riza Efriansyah, apabila bibit klon kopi robusta Tanggamus sudah dipatenkan dengan terbitnya sertifikasi bibit. Maka bibit klon kopl robusta tersebut dapat diusulkan untuk program program pusat seperti program peremajaan tanaman kopi robusta.

“Seperti saat ini ada program peremajaan tanaman kopi robusta dari pusat yang bersumber dana APBN yang dikelola Dinas Perkebunan Provinsi. Tentunya kita dapat mengusulkan klon kopi robusta Tanggamus untuk bibit dalam program tersebut, jika klon kopi kita sudah dipatenkan, ” katanya, Rabu (17/02/2021).

Hadison menerangkan, perkebunanan kopi di Tanggamus dominan menanam jenis atau klon kopi robusta, klon kopi ini menghasilkan lebih banyak panen daripada jenis arabika. Kemudian mengandung lebih banyak kafein, yakni 2,7% dibandingkan dengan arabika yang mengandung 1,5% saja

Selain itu, robusta juga lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga membutuhkan lebih sedikit herbisida dan pestisida daripada perkebunan arabika.

“Mudah mudahan kedepan ini, kita bisa anggarkan untuk membantu para petani kita dalam mesertifikasikan klon bibit kopi robus ta kita. Sebab, jika sudah mempunyai sertifikasi maka sangat menguntungkan bagi petani Tanggamus, sekaligus menjadi ikon atau ciri khas kopi Tanggamus, ” terangnya.

Sementara itu Veri petani kopi sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam mengembangkan perkebunan kopi. Khususnya dalam mengembangkan bibit klon kopi robusta Tanggamus, yang akan menjadi citarasa kopi Tanggamus.

“Ya, haruslah pemerintah kita ini terus mendukung perkebunan kopi, yang memang masih dominan di Tanggamus. Apalagi kalau sudah dipatenkan bibit nya, kami lebih baik pilih menanam bibit sendiri, pasti sudah cocok dengan media tanam dan iklim, dan pastinya panen akan lebih melimpah, ” tuturnya. (Lb).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *