Lensa Biroe

Mitra Terpercaya

Tanggamus

Akhirnya Pembangunan Break Water Dilanjutkan Tahun Ini, Harapan Nelayan Tercapai.

Tanggamus–Harapan nelayan Teluk Semangka Tanggamus akan dilanjutkannya pembangunan break water pelindung kolam pelabuhan perikanan pantai Kotaagung, akan segera terwujud tahun ini.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (KUPTD) Wil III Kota Agung Tanggamus, Dinas Kelautan Provinsi Lampung AD Habibillah
program pembangunan lanjutan break water sudah masuk dalam program kerja Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Lampung sebagai pihak yang berwenang dalam pengelolaan Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Kotaagung, Tanggamus.

“Lanjutan pembangunan break water pelabuhan perikanan Kota agung, Tanggamus, tahun ini telah masuk program dinas kelautan dan perikanan provinsi Lampung. Jadi harapan nelayan kita untuk dapat tambat labuh di kolam pelabuhan mudah mudahan terwujud, jika tidak ada kondisi mendesak seperti adanya pandemi, yang kembali membutuhkan dana refocusing. Untuk proses proyek break water ini sendiri telah masuk lelang tender, ” katanya, Senin (08/03/2021).

Habibillah menerangkan, bahwasanya keberadaan breakwater sangat dibutuhkan nelayan sebagai pelindung kolam dari hantaman ombak tinggi yang menjadi kendala selama ini untuk menambatkan kapal dan perahu motor nelayan.

Yang berimbas para nelayan menambatkan kapal atau perahu motor mereka di dermaga pelabuhan perikanan, yang cukup jauh dari lokasi pelelangan dan rawan kecelakaan kerja.

“Berdasarkan adanya harapan masyarakat nelayan untuk pembangunan breakwater tersebut dilanjutkan, maka kami usulkan ke Provinsi, dan disetujui, mungkin bersifat sangat penting dan juga untuk peningkatan pendapatan daerah, ” terangnya.

Habibillah menambahkan, untuk data tekhnis pembangunan breakwater belum ada informasinya, karena ada dibidang yang lain menanganinya, tapi yang diketahui hanya model kontruksi yakni kontruksi breakwater tiang pancang.

“Nanti dibangun breakwater dengan kontruksi tiang pancang, jadi bukan seperti selama ini, menggunakan batu kali yang ditumpuk dan diikat baja,” Imbuhnya.

Habibillah menjelaskan, untuk potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pelabuhan perikanan pantai Kotaagung ini sangat besar, bahkan pencapaian PAD beberapa tahun terakhir selalu melebihi target.

Walaupun telah melampaui target namun potensi PAD masih bisa dimaksimalkan, salah satunya dengan pembangunan break water, akan berimbas ramai kapal dan perahu motor yang tambat labuh di kolam pelabuhan.

“Pencapaian target PAD dari pelabuhan perikanan di Kotaagung ini, sangat signifikan dan sangat tinggi hasil yang didapat. Sehingga menjadi prioritas pembangunan sarana prasarana penunjang pelabuhan, agar pendapat lebih tinggi lagi, ” jelasnya. (LBcru).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *