Pemkab Pringsewu Gelar Musrenbang RKPD 2022 Secara Virtual.

Lampung, Pringsewu152 Dilihat

Pringsewu–Pemkab Pringsewu menggelar Musyawarah perencanaan  pembagunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 di aula utama pemkab setempat secara virtual. Rabu(10/03/2021)

Bupati Pringsewu H.Sujadi didampingi oleh sekdakab Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi,.M.Ag, Asisten Pem&Kesra Malian Ayub,SE.MM, Asisten Adm Umum, Forkopimda, dan Kepala Bappeda Pringsewu Ahmad Fadoli,. Menghadiri dan membuka secara resmi Musrenbang kabupaten Pringsewu tahun 2022 secara virtual.

Hadir dalam acara tersebut Dir.Kesehatan dan Gizi Masyarakat Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas Pungkas Bajuri Ali., STP. MS.PhD, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan Dan Pemukiman Ir. Suharti.,MA.,PhD, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Lampung Syaiful Darmawan,SH,MM para Kepala OPD Pringsewu, Camat se-Kab.Pringsewu, Ketua MUI, kepala BPS, Dir RS Mitra Husada, forum anak serta tamu undangan.

Bupati Pringsewu H. Sujadi dalam sambutanya menyampaikan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Pringsewu tahun 2022 merupakan amanat peraturan perundang-undangan. Karena itu dalam situasi pandemi covid-19  kegiatan ini harus tetap dilaksanakan meski harus secara virtual. Namun tidak mengurangi substansi dari tujuan kegiatan ini yaitu untuk singkronisasi dan sinergisitas, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung serta Pemerintah Pusat.

Pemkab Pringsewu selalu konsisten untuk kesejahteraan masyarakat dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan. Hal ini dapat dilihat dari capaian indeks pembangunan manusia di kabupaten Pringsewu yang tahun 2020 telah mencapai 70,30. Yang tertinggi untuk Kabupaten se-Provinsi lampung (diluar kota Bandarlampung dan metro).

Tahun 2022 merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD kabupaten Pringsewu  tahun 2017-2022. Karena itu dalam penentuan program dan kegiatan pembangunan harus konsisten untuk menuntaskan target-target RPJMD yang belum maksimal. Selain itu juga harus memberi dukungan yang maksimal terhadap program prioritas Gubernur Lampung dan Presiden RI.

“Sinergitas ini saya minta kepada Bappeda untuk dioptimalkan, sehingga tercipta harmonisasi dalam pembangunan di kabupaten pringsewu, ” kata H. Sujadi.

Kemudian disaat pandemi covid-19 yang sedang mewabah ini, Pemkab juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita harus terus berupaya supaya Kabupaten Pringsewu masuk dalam zona hijau khususnya terhadap prioritas Nasional. Dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi covid-19 kepada masyarakat Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga turut mensukseskan.

“Yaitu dengan mengalokasikan anggaran yang mencukupi dan menyiapkan SDM pelaksananya secara maksimal, ” ujarnya.

Kepala Bappeda Pringsewu Akhmad Fadholi juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah menetapkan tema pembangunan tahun 2022 yaitu “Optimalisasi pertumbuhan yang berkualitas dan daya saing daerah melalui peningkatan  Insfratuktur dan SDM yang berkarakter”

Melalui tema tersebut terdapat 5 program prioritas  atau fokus kegiatan yaitu
1. Peningkatan ketahanan perekonomian daerah
2.percepatan pembangunan Insfrastuktur strategis
3. Peningkatan SDM yang unggul
4. Peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup
5.peningkatan tata kelola pemerintahan dan kehidupan yang harmonis

“Dan hasil dari penyusunan RPJMD ini nantinya akan dibawa untuk di sinergikan ke provinsi Lampung dan pihak terkait. Untuk kemudian mudah mudahan harapannya bisa direalisasikan oleh pemerintah pusat,” imbuhnya.

Di akhir acara juga dilaksanaka penandatanganan kesepakatan antara Pemkab Pringsewu yang diwakili oleh Setdakab Pringsewu, Kepala Bappeda Pringsewu, Ketua MUI, Dirt.RS.Mitra Husada, perwakilan Forum Anak Pringsewu. Dan juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Kecamatan atas penyelenggaraan Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Pringsewu. Yang meraih
penghargaan pertama diberikan kepada Kecamatan Pringsewu, kedua Kecamatan Pardasuka, ketiga Kecamatan Gadingrejo yang diberikan langsung oleh Bupati Pringsewu melalui zoom meeting/ secara virtual.(LBcru).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *