Lensa Biroe

Mitra Terpercaya

Lampung Tanggamus

Inovasi Pelayanan” Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Kotaagung Rehab Total TPI.

Tanggamus–Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Kotaagung, terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan dengan merehabilitasi total bangunan tempat lelang ikan (TPI).

Diketahui gedung TPI Kotaagung tersebut belum pernah di lakukan perbaikan sejak dibangun puluhan tahun silam.

Selain rehab gedung lelang juga dilanjutkannya pembangunan break water pemecah ombak, dalam rangka memfungsikan kolam pelabuhan sebagai tambat labuh kapal ikan kedepan, sebagai income PAD.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (KUPTD) Wil III Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Kota Agung Tanggamus, Dinas Kelautan Provinsi Lampung AD Habibillah, pembangunan rehab TPI. Juga untuk meningkatkan mutu ikan yang dilelang, yaitu akan lebih higienis dan mutu ikan tentu lebih bagus lagi.

“Total gedung TPI di rehab, namun desainnya tidak pul tertutup, jadi semi terbuka, itu juga masukan dari para nelayan dan pedagang. Kemudian lantai akan di pasang keramik, berikut drainase dan sarpras lainnya, sehingga lokasi TPI tertata rapi dan prosesi transaksi antara pedagang dan nelayan semakin nyaman, ” katanya, Rabu (18/08/2021).

AD. Habibillah menerangkan, untuk detail desain gedung TPI dan pelaksana pembangunan ada di bidang perikanan tangkap, Dinas Kelautan Provinsi Lampung.

Sedangkan UPTD Pelabuhan sebagai penempatan program pembangunan rehab, dari pengajuan usulan UPTD ke Provinsi.

“Ya, kita jemput bola ke Dinas Kelautan Provinsi Lampung, program rehab TPI tersebut, ya kalau tidak kita ambil, akan diberikan kepada TPI yang lain, ” ujarnya.

Habibillah menambahkan, pembenahan dan pembangunan areal pelabuhan perikanan pantai Kotaagung tersebut juga dalam rangka memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Melihat masih sangat besar peluang PAD yang belum terkelola dengan baik.

“Pembenahan rehab gedung TPI sebagai awal pembenahan yang akan terus kita usahakan kedepan, yang telah kita susun dalam master plan. Yaitu perluasan pelabuhan yang menjorok kearah pantai dengan tiang pancang, ya mudah mudahan terealisasi. Karena potensi pendapatan masih sangat besar yang bisa kita maksimal, seperti retribusi tambat labuh dan lainnya, ” imbuhnya. (LB).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *