Lensa Biroe

Mitra Terpercaya

Lampung Tanggamus

Dinas LH Tanggamus Rapat Mediasi Pengelolaan Sampah TPI Kota Agung.

Tanggamus–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanggamus gelar rapat mediasi pengelolaan sampah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Agung, Jumat (19/08/2021) di ruang rapat Dinas.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Pertamanan A. Rahman mewakili Kepala DLH Gilas Kurniawan, dari hasil rapat tersebut. Untuk pengelolaan sampah diareal TPI akan di musyawarahkan antara pihak terkait diareal setempat. Yang akan di koordinasikan oleh UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung sebagai pihak yang berwenang areal TPI.

“Dari hasil rapat tadi disepakati ada pertemuan selanjutnya antara pihak terkait, nanti pihak UPTD Pelabuhan DKP Provinsi yang koordinasikan pertemuan. Semua pihak akan bermusyawarah kembali untuk solusi terbaik, yaitu pihak Kelurahan, koperasi mina dan RT setempat yang mana sebagai koordinator pengelola sampah sebelumnya serta institusi terkait lainnya, ” katanya usai rapat.

A. Rahman, menerangkan, adapun permasalahan penumpukan sampah diareal TPI disebabkan kerusakan bak kontainer yang jebol salah satu dinding bak, dan kondisi inilah yang menjadi pemicu adanya kritikan warga.

Sehingga akibat kontainer yang jebol berimbas tidak bisa digunakan untuk mengangkut sampah dari areal TPI ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kali Miring.

Namun untuk kendala tersebut sudah dikoordinasikan kepada pihak Kelurahan sebagai pihak yang berwenang terhadap perawatan kontainer, dan Kelurahan juga telah melakukan pengelasan perbaikan kontainer.

“Jadi tidak ada masalah terkait sampah sendiri, hanya kemarin kemarin ada keterlambatan pengangkutan karena bsk kontainer yang rusak, saat ini masih dalam perbaikan, dan secepatnya akan ditarok diposisi biasanya didepan Pelabuhan TPI, ” terangnya.

A. Rahman, juga menjelaskan terkait pengelolaan sampah TPI, yaitu adanya keinginan dari pihak pengelola sebelumnya, untuk legalitas petugas kebersihan diareal TPI.

“Ya, harapan kami musyawarah antara pihak segera digelar, sehingga didapatkan kata mufakat, dan dihasilkan solusi terbaik,” jelasnya.

Sementara Kepala UPTD Wil III Pelabuhan Perikanan Pantai Kota Agung DKP Lampung AD Habibillah mengatakan, sebenarnya urusan kebersihan areal Pelabuhan TPI masuk dalam pengelolaan kebersihan lingkungan.

Adapun tekhnisnya dari pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten yang terkait yang mengurusi.

“Kita juga menyumbang bagi hasil PAD ke Kabupaten, harapan kami permasalahan sampah bisa diselesaikan oleh pemkab saja. Namun kita juga siap bermusyawarah mencari solusi terbaik, dan harapan kami juga ada penempatan bak kontainer juga untuk areal TPI kedepan,” katanya.

Diketahui areal Pelabuhan TPI Kota Agung saat mulai dilakukan pembenahan oleh UPTD P3 DKP Provinsi Lampung, yakni dalam proses perehaban total gedung TPI, yang sudah puluhan tahun belum pernah rehab.

Kemudian juga akan dilanjutkan pembangunan break water pemecah ombak, untuk memfungsikan kolam Pelabuhan sebagai lokasi tambat labuh kapal ikan, yang masih berpotensi PAD serta beberapa pembangunan lainnya. Adapun pelaksana pengerjaan kegiatan proyek-proyek tersebut langsung dari Provinsi, tidak melibatkan UPTD.

“Tentunya kalau areal pelabuhan ini sarana prasarana serta kawasannya tertata rapi dan semakin luas tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Tanggamus juga kedepan, ” ujarnya.

Hadir dalam rapat mediasi pengelolaan sampah TPI, Kadis LH Gilas Kurniawan didamping Kabid Pengelolaan Sampah A. Rahman, Kepala UPTD Wil III DKP Provinsi Lampung AD. Habibillah dan Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Tanggamus Ridwan. Hadir juga Lurah Pasar Madang Dede Chandra, Ketua KUD Mina Joni Madasik dan Sekretaris Budiman, Ketua RT sekaligus Pengelola Sampah TPI Acok. (LB).

 

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *