RSUD Batin Mangunang Tanggamus Sukses Tingkatkan Layanan Kesehatan

  • Whatsapp

TANGGAMUS – Momok menakutkan Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat managemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang Kabupaten Tanggamus untuk terus berupaya tingkatkan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat.

Terbukti semakin meningkatnya pelayanan kesehatan berikut juga meningkatnya mutu sarana prasarana penunjang pelayanan kesehatan di RSUD Batin Mangunang. Dan juga semakin rapihnya tata kelola managemen RSUD Batin Mengunang saat ini.

Upaya peningkatan pelayanan kesehatan diantaranya dengan penambahan tenaga dr. Spesialis yaitu spesialis THT dan dokter spesialis mata. Sehingga saat ini RSUD Batin Mangunang telah memiliki dokter spesialis sebanyak 13 dokter, yang mana sebelumnya hanya 11 orang dokter spesialis.

Dibidang sarana prasarana penunjang pelayanan kesehatan juga tidak luput di benahi oleh managemen RSUD Batin Mangunang yang di Pimpin dr. Meri Yosefa dan dibantu Budi M Ghozali SKM. M. Kes sebagai Kepala Bagian Tata Usaha.

Pembenahan tersebut diantaranya rehab gedung Unit Gawat Darurat (UGD), rehab kamar operasi, pembangunan ruangan penyakit dalam, pembangunan ruang isolasi, rehab Poliklinik dan penambahan koridor jalan RSUD.

Untuk kenyamanan kebersihan dan parkir pihak managemen RSUD bekerjasama dengan pihak ketiga, sehingga kini kebersihan terjamin dan parkir kendaraan sistem ticketing yang tertib dan aman.

Ada beberapa program yang direncanakan kedepan oleh managemen RSUD Batin Mangunang, yang saat ini masih dalam proses. Diantaranya program Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) atau disebut juga dengan Hospital Information System (HIS). Adalah proses pengumpulan, penyajian, dan pengolahan data terkait rumah sakit.

Untuk hubungan sinergitas antara managemen RSUD Batin Mangunang dengan Pemerintah Daerah (Pemda) juga semakin bersinergi.

Hal tersebut terbukti dengan suport langsung dari Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE, MM kepada para tenaga medis dan non medis yang berjibaku saat melayani pasien Covid-19

Kemudian juga suport dari wakil Bupati yang meninjau langsung kondisi RS. Dan juga kunjungan Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis yang menyempatkan diri melaksanakan penanaman pohon di ruang terbuka hijau RSUD.

dr. Meri Yosefa mengatakan, saat ini RSUD Batin Mangunang juga telah memiliki unit oksigen central yang dapat memproduksi oksigen untuk membantu pasokan di rumah sakit tersebut.

“Dari hasil uji coba, kapasitas produksi berkisar antara 5-10 tabung oksigen per hari. Keberadaan unit oksigen central ini sangat membantu ketersediaan oksigen di RSUBM,” katanya.

Dengan meningkatnya pelayanan kesehatan dan juga meningkatnya sarana prasarana penunjang berupa insfrastrukture di RSUD Batin Mangunang. Diharapkan kesehatan masyarakat Tanggamus juga meningkat, karena sesuai dengan dengan motto RSUD “Sehat merupakan infestasi berharga”.(IsT).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *