FTBM Dan IARI Optimis Sukseskan LCT SMA Se Tanggamus.

Tanggamus332 Dilihat

TANGGAMUS – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) bersama Internasional Animal Rescue Indonesia(IARI) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) gelar diskusi pelaksanaan Lomba Cepat Tepat (LCT) SMA sederajat Tanggamus.

Diskusi yang digelar di Kota Agung Tanggamus, Senin (27/9) tersebut dalam rangka kolaborasi untuk sukses pencapaian program LCT tersebut.

Ketua Panitia kegiatan LCT Rossi, menyampaikan maksud dan tujuan di adakannya kegiatan ini.

Yaitu Internasional Animal Rescue Indonesia(IARI) adalah Lembaga yang konsen terhadap konservasi hutan. Adapun perhatian literasi tentang konservasi terhadap para pelajar saat ini masih rendah.

“Hal tersebut karena bahan-bahan atau materi tentang konservasi masih sangat terbatas,” ujar Rossi, Rabu (29/9).

Sehingga untuk menguji kemampuan pelajar SMA sederajat, kami akan mengadakan Lomba Cepat Tepat dengan pembekalan buku. Yang telah kami buat dan diterbitkan berjudul Burung liar Kawasan Hutan Batutegi, Tanggamus Lampung.

“Buku tersebut, akan dibagikan oleh panitia kepada pelajar, yang sudah mendaftar sebagai peserta LCT,” katanya.

Rossi menerangkan, selain itu juga materi dalam lomba nanti, akan mengangkat  pelajaran umum. Yang tercakup dalam bidang literasi sains, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini, untuk memberikan pengenalan pada pelajar SMA sederajat, terhadap kawasan hutan lindung. Dan bisa mengetahui jenis-jenis burung, melalui buku liar kawasan KPH Batutegi.

‘Dan juga untuk mengoptimalkan peran serta pelajar dalam upaya konservasi, khususnya hutan yang ada di Kabupaten Tanggamus ini,” terangnya.

Rossi menambahkan bahwa kegiatan ini tentunya tidak akan terlaksana tanpa adanya para pihak yang berkepentingan. Antara lain pemangku kawasan hutan di wilayah Provinsi Lampung. Khususnya Tanggamus, seperti KPH Batutegi, KPH Kotaagung Utara dan KPH Pematang Neba dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

“Dalam kegiatan ini juga kami berkolaborasi dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat Tanggamus atau FTBM dengan tujuan utama berharap kolaborasi ini bisa dilaksanakan,” imbuhnya.

Rossi juga menyampaikan, Alhamdulillah, panitia dari IARI, FTBM, dan seluruh KPH yang ada di Tanggamus, telah bersilaturahmi dan menyampaikan rencana kegiatan secara langsung kepada Bupati Tanggamus.

“Beliau, menyambut baik dan siap mendukung kegiatan LCT ini,” kata Rossi.

Diketahui, hasil dari musyawarah seluruh panitia, disepakati dan terjadwal. Pendaftaran melalui sistem online dari tanggal 29 September sampai dengan 7 Oktober, 2022.

Mengenai link pendaftaran dan famplet, panitia wilayah Kecamatan yang akan mensosialisasikannya.

Tecnikal Meeting(TM) akan dilaksanakan pada Rabu (12/10) di Gedung Aula Kampus STEBI, Gisting.
Pelaksanaaan InsyaAllah, Dua hari dari tanggal 26-27 Oktober, 2022.

Sementara Listian Utama, sekretaris FTBM Tanggamus, mewakili Ketua mengatakan, sangat menyambut baik kolaborasi tersebut. Dan siap mensukseskan lomba yang sangat bermanfaat ini.

“Semoga¬† tidak hanya berlangsung di tahun 2022 saja, kedepannya, akan menjadi program tahunan,” ujarnya.(Zon/LB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *