Peserta LCT SMA Di Harapkan Sebagai Promotor Literasi dan Kelestarian Hutan.

Tanggamus75 Dilihat

 

TANGGAMUS – Melalui Lomba Cepat Tepat (LCT) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengusung tema Kolaborasi Lestari diharapkan para pelajar peserta lomba menjadi promotor mengkampanyekan pentingnya berliterasi dan menjaga kelestarian hutan.

Manajer yayasan IAR Indonesia Robithotul Huda, S.S.I., M.Ling.penggagas kegiatan, mengatakan, bahwa ini merupakan agenda perdana yang sangat edukatif.

“Dengan harapan pelajar yang telah mengikuti perlombaan bisa menjadi promotor dalam mengkampanyekan pentingnya berliterasi dan menjaga kelestarian hutan di Tanggamus,” katanya.

Kemudian salah satu peserta yang sempat di wawancarai mengatakan, bahwa harapannya kegiatan semacam ini akan menjadi agenda tahunan.

“Supaya bisa lebih banyak sekolah yang bisa mengikutinya di tahun berikutnya,” katanya.

Adapun pemenang lomba juara 1,2,3 yang terdiri dari SMAN 2 Kota agung, SMAN 1 Sumberejo, dan SMAN 1 Semaka. Selain mendapatkan thropy dan uang pembinaan juga akan mendapat kesempatan untuk fieldtrip ke salah satu wisata hutan konservasi di Tanggamus.

Hal ini untuk memperkenalkan secara langsung kepada peserta betapa pentingnya menjaga kelestarian hutan demi keberlangsungan hidup manusia

Diketahui, Lomba Cepat Tepat (LCT) di Gisting pada (27/10) yang mengusung tema Kolaborasi Lestari. Melibatkan beberapa elemen komunitas, organisasi, maupun instansi berjalan dengan lancar.

LCT dengan judul Literasi Konservasi ini merupakan gagasan dari Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI). Dan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Tanggamus dalam upaya mensosialisasikan konservasi alam di Kabupaten Tanggamus.

“Jika pada umumnya sosialisasi konservasi alam lebih kepada study lapangan. Namun kali ini berbeda, sosialisasi dilakukan dengan cara mengajak pelajar untuk berliterasi. Dengan membaca buku Burung – Burung Liar di Batu Tegi yang merupakan buku terbitan Yayasan IAR Indonesia,” kata Manajer yayasan IAR Indonesia Robithotul Huda, S.S.I., M.Ling.

Selain itu juga pelajar bisa mencari referensi lain melalui website dan akun sosial media dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung. Yang meliputi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Batu Tegi, KPH Pematang Neba, dan KPH Kota agung utara.

“Hal ini juga merupakan pembiasaan penggunaan internet yang bermanfaat seperti yang di canangkan oleh Jawara Internet Sehat 2022. Yang merupakan salah satu Mitra dari IAR dan FTBM,” terangnya.

Selain itu kegiatan ini mendapat dukungan kerjasama dari PT. Tirta Investama (Aqua) dan Tanggamus Electric Power. Kemudian Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. Selain itu juga Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Tanggamus juga terlibat dalam kegiatan ini, dalam hal pembuatan soal dan juga penjurian.

Kegiatan yang berlangsung di gedung kampus Intitut Bakti Nusantara (IBN) ini dibuka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani, S.E., M.M., pada tanggal 26 Oktober. Dan di tutup oleh Wakil Bupati Tanggamus H. A.M. Syafi’i, S.Ag. pada tanggal 27 Oktober 2022.(TianLB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *