BPBD Kabupaten Lamsel Gelar Workshop Penyusunan Rencana Kontingensi Bencanq Banjir

Lampung Selatan58 Dilihat

LAMSEL — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar Workshop Penyusunan Rencana Kontingensi Menghadapi Ancaman Bencana Banjir di Kabupaten Lampung Selatan.

Penyusunan dokumen ini merupakan bentuk kesiapsiagaan Pemerintah Daerah dalam menghadapi ancaman bencana alam. Mengingat, Kabupaten Lampung Selatan merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi risiko banjir cukup tinggi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Lampung Selatan akan berlangsung selama tiga hari kedepan, mulai hari ini, Senin (28/11/2022) hingga Rabu (30/11/2022) mendatang. Kemudian, diikuti sebanyak 35 peserta yang berasal dari seluruh stakeholder terkait.

Selain dilaksanakan secara tatap muka atau luring, Workshop yang menghadirkan Fasilitator dan Narasumber dari BNPB serta Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung dan BMKG Stasiun Klimatologi Pesawaran ini juga diselenggarakan secara virtual, melalui zoom meeting dan google classroom.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lampung Selatan Wahyu Hidayat menyampaikan, Rencana Kontingensi ini merupakan sebuah dokumen perencanaan penanggulangan bencana, yang mengatur tentang tata laksana penanggulangan bencana perjenis ancaman.

Dirinya menjelaskan, dokumen perencanaan penanggulangan bencana banjir tersebut dapat digunakan sebagai dasar acuan, dalam mengambil tindakan apabila terjadi bencana alam banjir di Kabupaten Lampung Selatan.

“Harapan kami, renkon banjir ini bisa menjadi panduan bersama ketika bencana banjir terjadi. Sehingga, semua pihak tahu harus melakukan apa, siapa berbuat apa dan siapa bertanggungjawab atas apa,” jelas Wahyu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *