Update Terbaru : Puluhan Rumah Warga Pematang Sawah dan Semaka Tanggamus Terdampak Puting Beliung, 4 Rusak Berat

Tanggamus118 Dilihat

 

(www.lensabiroe.com) Tanggamus – Petugas kembali memperbaharui data kerusakan rumah pasca terjadinya angin puting beliung di wilayah Kecamatan Pematang Sawa dan Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, Senin 30 Januari 2023, sore.

Hal itu diketahui setelah tim gabungan Sat Binmas Polres Tanggamus, Polsek Pematang Sawa, Polsek Semka, BPBD, Camat, Tagana dan Kakon memeriksa satu persatu wilayah dibantu oleh para kepala dusun wilayah masing-masing.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Pekon Tanjungan, Pematang Sawa, bahwa rumah terdampak puting beliung diwilayah pekonnya sebanyak 17 rumah, dengan perincian 13 rusak ringan dan 4 kategori berat.

Adapun data rumah milik warga yang mengalami rusak ringan diantaranya milik Suhari, Misiran, Tukiran, Mistun, Rohani, Mursalin, Ringan, Budiono, Zahro, Darmansyah, Juhandi, Romli, Juminah dan Padi.

Kemudian, rumah mengalami rusak berat milik Suherman, Adi Maryadi, Joko Mandala Putra dan Lamidi (tertimpa pohon duku). Selain rusak berat korban Joko Mandala Putra terkena runtuhan asbes hingga ia mengalami luka luka kepala dengan 6 jahitan.

Selanjutnya, berdasarkan data Sat Binmas Polres Tanggamus, puting beliung yang menerjang Pekon Tugu Papak, Kecamatan Semaka terdapat 1 gedung PSHT Tugupapak tertimpa pohon rusak bagian ujung atap depan dan sekitar 20 rumah warga rusak ringan, bagian atap berupa genting dan asbes terlepas.

Kakon Tanjungan Pematang Sawa, Burjani mengungkapkan, kronologis kejadian bermula angin yang tiba-tiba datang, sehingga merobohkan beberapa pohon juga merusak beberapa rumah di pekon tanjungan.

“Ada 17 rumah warga yang terdampak
ada 4 rumah warga yang rusak berat, ada seorang warga yang kepalanya tertimpa asbes,” kata Burjani.

Menurut Burjani, pihaknya bersama tim Polres Tanggamus, Camat, BPBD, Polsek dan aparatur pekon langsung mendata kerusakan rumah warganya tersebut.

“Alhamdulillah dari pihak Polres juga hadir, bapak camat dan
BPBD, dari polsek, seluruh aparatur Pekon dari dinas sosial sudah datang memeriksa,” ujarnya.

Kesemapatan itu, Burjani juga berharap kebijakannya dari pihak yang berwajib dan dinas terkait dapat membantu meringankan beban warganya dalam bentuk apapun.

“Harapan kami dinas terkait dapat memberikan bantuan apapun bentuknya kepada warga kami sehingga warga dapat lebih ringan,” tandasnya.

Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Iman Sobri, S.H mengungkapkan, pihaknya juga mendatangi pekon tugupapak kecamatan semaka dan mendapatkan laporan kakon bahwa di wilayah setempat juga terdampak angin puting beliung.

“Untuk kerusakan di tugupapak, ada gedung PSHT tertimpa pohon bagian atas depan dalam kategori rusak ringan, juga 20 rumah warga rusak ringan hanya atap terlepas,” kata Iptu Iman Sobri mewakili Kapolres Tanggamus Polda Lampung, AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Sementara itu, Suherman warga pekon tanjungan pematang sawa yang langsung menyaksikan peristiwa angin puting beliung ketika pukul 17.30 WIB.

“Saat saya sedang di dalam rumah, masih kumpul sama keluarga, seketika datang angin kencang yang menghancurkan rumah saya, beruntung tidak ada korban jiwa,” tegasnya.(Lb/Rls).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *