Dinas Dalduk KB Lampung Selatan Layani Pemasangan Implan Gratis

Lampung Selatan66 Dilihat

 

(www.lensabiroe.com) SRAGI- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Lampung Selatan melayani pemasangan alat kontrasepsi implan gratis disetiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2023.

Seperti yang terlihat saat Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan tingkat kecamatan yang dilaksanakan di Kecamatan Sragi, Rabu (1/2/2023).

Dinas Dalduk KB Kabupaten Lampung Selatan membuka pelayanan alat kontrasepsi berupa pil, kondom, suntik, IUD atau KB Spiral, dan implan secara gratis untuk masyarakat.

Pejabat Fungsional Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana di Dinas Dalduk KB Lampung Selatan, Samsul Arifin mengatakan, pihaknya membuka pelayanan kontrasepsi. Namun kata dia, dari semua jenis yang tersedia, KB implan paling dimintai masyarakat.

“Dari awal Musrenbang di Kecamatan Kalianda hingga Kecamatan Sragi ini, masyarakat sangat antusias. Akan tetapi karena batas ketersediaan, khusus KB implan kita sediakan 15 implan per kecamatan. Karena implan ini yang sangat diminati masyarakat,” ujar Samsul Arifin.

Samsul Arifin menambahkan, layanan kontrasepsi gratis tersedia disetiap pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan sebagai bentuk nyata pelayanan kepada masyarakat.

“Meskipun jenis implan terbatas, akan tetapi pelayanan kontrasepsi jenis suntik, pil, kondom dan IUD kita buka untuk masyarakat, karena tidak dibatasi,” ucap Samsul Arifin.

Lebih lanjut Samsul Arifin menyampaikan, bahwa syarat untuk melakukan pelayanan KB, cukup hanya membawa foto copy KTP dan foto copy Kartu Keluarga (KK).

“Bawa KTP dan KK saja. Karena untuk hasil dari aksesor yang dilayani hari ini akan diinput dalam aplikasi New Siga (Sistem Informasi Keluarga). Nanti di aplikasi itu akan kelihatan mereka telah dilayani kontrasepsi jenis apa,” tutupnya. (Lb/rls).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *