Bupati Nanang Minta Kades Sinergi Wujudkan Desa Mandiri

Lampung Selatan44 Dilihat

(www.lensabiroe.com) CANDIPURO – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat Kecamatan Candipuro digelar di Lapangan Desa Bumi Jaya, pada Senin (06/02/2023).

Kegiatan rutin tahunan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin beserta para pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampunng Selatan.

Dalam sambutannya, Nanang Ermanto menyampaikan mengenai kondisi perekonomian dunia yang belum pulih akibat pandemi Covid-19 lalu. Kemudian, situasi semakin parah dengan tingginya angka inflasi yang terjadi di beberapa negara.

“Ketika Covid-19, bagaimana terpuruknya pertumbuhan ekonomi, perencanaan yang sudah direncanakan mengalami penundaan. Anggaran dana desa untuk pembangunan tertunda, karena untuk membuat tempat isolasi dan fokus untuk penanganan kesehatan,” ujarnya.

Oleh karena itu, guna mencegah terjadinya kemungkinan buruk di Indonesia terutama di Kabupaten Lampung Selatan, Nanang meminta kepala desa saling bersinergi dalam membangun desa agar semakin maju, mandiri dan sejahtera.

Nanang yakin, melalui pengembangan potensi desa dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan semangat kebersamaan dan gotong royong dari seluruh stakeholder terkait, kemandirian desa di Kabupaten Lampung Selatan dapat segera terwujud.

“Tapi bagaimana kita tingkatkan perputaran ekonomi kita. Maka, sering saya katakan gali potensi desa untuk pertumbuhan ekonomi. Kita belajar dari kejadian dan musibah yang terjadi. Dengan harapan kita dapat bersama-sama memulihkan perekonomian,” imbuhnya.

Sementara, Camat Candipuro Achmad Solatan Nurohman menyampaikan mengenai situasi geografis wilayah dan kependudukan di Kecamatan Candipuro. “Sebuah kecamatan dengan 14 desa dengan luas wilayah 84,90 kmĀ² dengan penduduk 55.011 jiwa,” ujarnya.

Achmad juga menyampaikan, mengenai realisasi kegiatan pembangunan di Kecamatan Candipuro tahun 2022 yang berfokus pada pembangunan infrastruktur, serta mendukung peningkatan SDM melalui sektor pendidikan.

“Pada bidang infrastruktur, seperti pembangunan jalan dan peningkatan jalan, rehab ruang kelas dan perpustakaan serta perbaikan gorong-gorong Jalan Beringin Kencana, dengan total realisasi pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan pada Tahun 2022 yang bersumber dari dana APBD total Rp.8 miliar 600 juta,” ungkapnya. (Lb/ptm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *