YJI Lampung Gelar Senam Jantung Sehat Remaja dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar di SMAN 1 Bandarlampung

Bandar Lampung71 Dilihat

(www.lensabiroe.com) Bandarlampung – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Provinsi Lampung bekerjasama dengan PERKI Lampung,

menggelar senam jantung sehat remaja (Hip Heart) dan sosialisasi pola hidup sehat, simulasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) di SMAN 1 Bandarlampung, Jumat (17/2/2023).

Ketua YJI Cabang Utama Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, diwakili Ketua Bidang Pengembangan Dana Hj. Mamiyani Fahrizal, menyampaikan bahwa tujuan Yayasan Jantung Indonesia secara umum meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam pencegahan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah dengan memasyarakatkan Panca Usaha Jantung.

Panca Usaha Jantung meliputi, seimbang gizi, merupakan hal yang sangat penting bagi remaja, supaya bisa menyerap pelajaran dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh. Tidak merokok, hindari stres, melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. “Kesehatan jantung adalah hak setiap orang, itulah sebabnya kami menyerukan Gerakan Jantung Sehat bagi Remaja, karena remaja merupakan harapan dan generasi penerus Bangsa,” ujar Riana Sari.

Melalui kegiatan Heart at School YJI Lampung, Riana Sari mengajak kepada remaja di Sekolah-sekolah terutama SMAN 1 Bandarlampung untuk melakukan senam bersama. Senam yang akan diberikan adalah Senam Jantung Sehat Remaja (Hip Heart). Gerakan senam ini dirancang khusus oleh Yayasan Jantung Indonesia untuk kelompok usia remaja.

Selanjutnya program Bantuan Hidup Dasar, yang merupakan wujud kepedulian kita kepada masyarakat untuk menyelamatkan sesama dari kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Dalam kesempata ini, Riana Sari Arinal diwakili Mamiyani Fahrizal berharap di SMAN 1 Bandarlampung dapat membentuk kelompok atau Klub Jantung Sehat Remaja (KJSR) yang akan mengkampanyekan Gerakan Jantung Sehat Remaja, melalui Senam Jantung Sehat, sebagai Role model dalam gerakan anti merokok, dan kegiatan lain yang bersifat positif.

Senam Jantung Sehat Remaja (Hip Heart) yang dilanjutkan dengan Senam Lampung Berjaya tidak hanya diikuti oleh siswa saja tapi juga diikuti oleh Ketua Bidang Pengembangan Dana YJI Hj. Mamiyani Fahrizal, Kepala SMAN 1 Bandarlampung Drs. H. Ngimron Rosadi, M.Pd, para guru dan pengurus YJI.

Dalam kesempatan ini Ketua YJI Riana Sari Arinal memberikan 10 doorprize bagi peserta aktif dan snack sehat bagi seluruh siswa dan dewan guru.

Sementara edukasi pola hidup sehat dan simulasi Bantuan Hidup Dasar, disampaikan oleh dr. Terrance Ransun Sp.JP(K)FIHA dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesi (PERKI) Lampung.

Sebelum mempraktekkan simulasi Bantuan Hidup Dasar, dr. Terrance Ransun memberikan edukasi kepada siswa akan pentingnya kesehatan terutama jantung. Dokter Terrance kemudia mempraktekkan bagaimana siswa bisa menolong sesama dengan memberi bantuan hidup dasar. (Lb/Rls).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *