Diyakini Dapat Tingkatkan Produksi Petani, DPUPR Mesuji Luncurkan Inovda Tentang Program “SOP Sedap”.

Mesuji164 Dilihat

(www.lensabiroe.com) Mesuji – Dinas Pekerjaan Umum dan Pendataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Mesuji melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) meluncurkan Inovasi Daerah (Inovda) baru berupa Sistem Operasi dan Pemeliharaan Sumber daya Air Partisipatif (Sop Sedap).

Kepala Bidang SDA DPUPR Mesuji Apandi menjelaskan, Sistem Operasi dan Pemeliharaan Sumberdaya Air Partisipatif atau yang disebut “Sop Sedap” merupakan program inovasi daerah yang digagas bidangnya. Sebagai upaya menjaga kondisi jaringan irigasi tetap berfungsi dengan baik.

“Dalam program ini, kami melibatkan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) untuk menjaga kebersihan irigasi. Yang jadi kewenangan pemerintah daerah ditiap kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji,” ujar Apandi , Kamis (11/05/2023).

Dia meyakinkan, jika program ini berjalan dengan baik akan berdampak positif terhadap peningkatan hasil pertanian masyarakat. Dan meningkatkan kesejahteraan petani padi khususnya di Kabupaten Mesuji.

“Dengan program partisipatif ini di harapkan perkumpulan petani pemakai air, tidak hanya mengelola, dan merawat irigasi. Melainkan kedepannya akan dilakukan pemberdayaan yang lebih masif. Pemanfaatan air untuk sosial kemasyarakatan, perekonomian, dan cipta kondisi pengairan terawat dengan baik,” harapnya. (KotanLb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *