Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Wakapolres Lampung Utara Bacakan Amanat Kepala BPIP RI.

Lampura4736 Dilihat

(www.lensabiroe.com) Kotabumi Lampung Utara –  Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023, Kepolisian Resor (Polres) Lampung Utara melaksanakan upacara bendera bertempat di lapangan Mapolres setempat pada Kamis (1/6/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Waka Polres Kompol Dwi Santosa SH dengan peserta seluruh pejabat Utama dan Kapolsek, para personil serta ASN di jajaran Polres Lampung Utara.

Pada upacara yang berlangsung khidmad itu, Inspektur Upacara Kompol Dwi dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi M.H., Phd.

Seperti sudah kita ketahui bersama, bahwa tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Yang mana pada tanggal ini kita memperingati hari Lahirnya Pancasila.

“Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, merenungkan dan merumuskan Pancasila. Kemudian di sahkan oleh PPKI sebagai dasar Negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” kata Waka Polres Kompol Dwi Santosa SH.

Adapun tema besar Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Hari Lahir Pancasila ini jadi momentum untuk kita semua, agar terus bersama bergotong-royong untuk membangun peradaban dan memajukan ekonomi global.

“Kami mengajak dimanapun kita berada untuk bersama sama membumikan Pancasila. Dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntut ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan kepada Pancasila.

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai Idiologi yang bekerja. Yang dirasakan kehadirannya serta dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” terangnya.

Pancasila bukanlah hanya kata kata yang terdapat dalam lembaran kertas atau terpampang di ruang kelas. Pancasila adalah semangat dan jiwa bangsa Indonesia yang harus tercermin dalam tindakan dan sikap kita sehari-hari.

Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, semoga kita semua mampu menjadi warga negara dan masyarakat yang terus mengingatkan jati diri bangsa. Tolong menolong dan bergotong-royong untuk masa depan bangsa Indonesia.

“Marilah kita melangkah maju dengan semangat Pancasila sebagai pedoman hidup kita, ”  pungkas Wakapolres mengakhiri amanat yang dibacakannya (Suhaimi ToniLb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *