DLHD Mesuji Sosialisasikan Proklim dan Penanaman Pohon Momen Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2023

Mesuji80 Dilihat

(www.lensabiroe.com) Mesuji – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) dan penanaman pohon buah.

Kegiatan mengusung Tema “Solusi untuk Polusi Plastik” tersebut, berlangsung di Desa Hadimulyo, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten setempat, Senin (05/06/2023).

Melalui sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin S.Sos yang hadir langsung di kegiatan tersebut mengatakan, melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, diharapkan semua stakeholders untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk polusi plastik.

“Resolusi Plastik adalah langkah besar dalam upaya dunia memerangi polusi plastik, mengingat semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik. Yang ikut berperan dalam tiga jenis krisis yang melanda planet kita: perubahan iklim, kehilangan biodiversitas, serta polusi. Salah satu upaya Pemerintah untuk mengatasi krisis tersebut yaitu melalui Program Kampung Iklim,” ujar Syamsudin.

Dijelaskan Syamsudin, Program kampung iklim ditetapkan sebagai gerakan Nasional Pengendalian Perubahan iklim berbasis Masyarakat. Yang merupakan salah satu langkah strategis Pemerintah dalam membumikan isu Global Perubahan Iklim menjadi aksi bersama di tingkat lokal. Yang merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84/MenLHK/Setjen/Kum.1/11/2016 Tentang Program Kampung Iklim.

“Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji, Saya menyambut baik terselenggaranya sosialisasi Program Kampung Iklim ini. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Terkait perubahan iklim, pengelolaan sampah, pergeseran pola hidup (life style) dan pola konsumsi masyarakat. Khususnya dalam penggunaan plastik sekali pakai, ” jelas pria yang pernah menjabat Kadisdikbud Mesuji tersebut.

Sementara dikesempatan sama, Kadis LHD Mesuji, Agung Subandara menambahkan, dalam kegiatan itu selain memberikan sosialisasi Program Kampung Iklim. Pihaknya juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Hadi Mulyo berupa bibit tanaman buah sejumlah 90 batang pohon Durian. Dan 100 batang pohon alpukat beserta pemberian 2 buahTong Komposting.

“Selain Sosialisasi Proklim, Pemkab Mesuji dikesempatan ini juga melakukan pemberian bantuan beberapa jenis bibit buah kepada kelompok masyarakat. Harapan, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang Program Kampung Iklim di Desa Hadi Mulyo. Dan kedepannya kegiatan adaptasi mitigasi di Desa terus berlangsung sebagai percontohan di Kabupaten Mesuji,” imbuhnya.

Hadir kesempatan itu, Sekcam Way Serdang, Tamiyami, Kepala Desa Hadi Mulyo Karyanto dan Pimpinan PT. Budi Dwiyasa Perkasa. Hadir juga Pimpinan PT. Sinar Pematang Mulia, Pimpinan PT. Pematang Agri Lestari dan duta Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji serta para peserta sosialisasi dan tamu undangan.(KotanLb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *