Cegah Dampak El Nino bagi Kesehatan Masyarakat, Pemkab Mesuji Sirami Jalan dan Bagikan Masker

Mesuji45 Dilihat

(www.lensabiroe.com) MESUJI – Dalam rangka meminimalisir dampak kemarau dan cuaca ekstrim fenomena El Nino, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menghimbau dan membentuk tim penanganan dampak El Nino dengan melakukan penyiraman jalan yang berdebu.

Pemkab juga membagikan masker untuk mencegah masyarakat yang beraktifitas terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Mesuji nomor : PB.00/5252/V.05/MSJ/2023 tanggal 02 Agustus 2023, tentang himbauan terhadap kesiapsiagaan menghadapi dampak El Nino.

Pemkab Mesuji membentuk tim yang terdiri dari BPBD, Damkartan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, PWI Mesuji, Camat Mesuji Timur, Puskesmas Tanjung Mas Makmur, dan Puskesmas Margo Jadi.

Tim tersebut melakukan penyiraman ruas jalan serta membagikan masker kepada pengguna jalan, untuk mencegah dampak El Nino dari sisi kesehatan yakni penyakit ISPA. Serta menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan karena bisa menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan, kamis (31/08/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji Sunardi Nyerupa, SE menjelaskan kegiatan ini berdasarkan arahan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs. Sulpakar.MM. Guna mengantisipasi sejak dini penanggulangan penyakit Ispa dampak dari cuaca El Nino dengan membagikan masker kepada para pengguna jalan dan penyiraman ruas jalan bersama Damkartan.

“Sasarannya, masyarakat pengguna jalan, anak-anak sekolah, dan pejalan kaki, kita bagikan masker untuk menghindari debu. Rencananya, kegiatan ini akan berlanjut sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan,” jelas Sunardi.

Ditempat yang sama Sekertaris Damkartan Mesuji Feri Antoni mewakili Plt Kadis Damkartan Sakroni, mengatakan atas arahan Pj Bupati melalui Sekertaris Daerah. Agar melakukan penyiraman ruas jalan poros kabupaten yang berdebu.

“Hari ini kegiatan kita melakukan penyiraman ruas jalan poros ruas Desa Brabasan hingga ke kompleks Pemda di Desa Wiralaga Mulya. Selain itu ruas jalan Simpang Segi Tiga Emas, hingga Desa Eka Mulya dan terus sampai ke Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Mesuji Timur,” kata Feri.

Sementara itu Camat Mesuji Timur M Belly Oscar mengatakan, bahwa pihaknya menidaklanjuti intruksi Pj Bupati Mesuji dan Sekda dalam rangka penanganan antisipasi penyakit Ispa. Kemudian langsung meminta bantuan kepada pihak perusahaan yang ada di wilayahnya yakni PT. Bangun Tata Lampung Asri (BTLA), untuk melakukan penyiraman jalan yang berdebu.

“Menindaklanjuti instruksi pimpinan, kami segera meminta bantuan kepada pihak perusahaan untuk melakukan penyiraman jalan berdebu. Tak lupa mewakili masyarakat Mesuji Timur, saya mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati serta semua pihak yang telah peduli serta berpartisipasi meringankan dampak El Nino agar masyarakat tidak terkena penyakit Ispa,” ungkap Belly.(RIS KotanLB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *