PLN UID Lampung Berikan Pelatihan dan Bantuan ke Komunitas Gamba Kupi

Advertorial58 Dilihat

LAMPUNG — PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) UID Lampung, melalui PLN Peduli, Selasa-Kamis 5-7 September 2023, kembali memberikan pelatihan kepada masyarakat Way Empulau Ulu, Kacamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Kali ini pesertanya komunitas Gamba Kupi, sebanyak 25 orang.

Adapun materi pelatihannya, yaitu Laporan Keuangan, Harga Pokok Produksi, Digital Marketing, Sertifikasi Usaha, Packaging, serta Penggunaan alat-alat mesin Kopi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Sanggar Kegiatan Belajar, di Jalan Soetoyo, Pekon Way Empulau ulu, kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat dan Lokasi produksi kopi dari Gamba Kupi.

Henri Nugroho Manajer PT. PLN (Persero) UID Lampung UP3 Kotabumi, menyatakan bahwa pelatihan ini adalah bentuk kepedulian PLN sebagai perusahaan besar milik pemerintah, dalam mendorong perekonomian masyarakat.

“Lampung Barat dikenal dengan produksi kopi yang berkualitas di Lampung, banyak hasil panen petani Lambar (Lampung Barat, red) dinikmati masyarakat luas,” ungkap Henri dalam rilisnya yang diterima media ini.

Hanya saja, menurut Henri, warga dan masyarakat Lampung Barat belum dapat memaksimalkan potensi yang ada. “Sehingga perlu adanya pelatihan, dan disinilah PLN melalui program PLN Peduli, memberikan pelatihan dan beberapa bantuan,” ungkap Henri.

Senada juga disampaikan, Widya Eka Kristanti, selaku Asisten Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN UID Lampung, menyatakan bahwa pelatihan yang diberikan pihak perusahaannya adalah upaya membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam memproduksi dan memasarkan produk-produknya.

“Pemasaran hasil produksi sering kali terkendala, dikarenakan minimnya pengetahuan tentang bagaimana cara pemasarannya. Sehingga hasil yang diproduksi pemasarannya kurang maksimal,” ungkap Widya.

Selain memberikan pelatihan seperti digital marketing, Widya menambahkan, bahwa pihaknya juga memberikan bantuan berupa beberapa mesin produksi Kopi.

“Bantuan berupa mesin produksi kopi juga kita berikan, untuk menunjang aktivitas komunitas Gamba Kupi yang ada di Lampung Barat ini, seperti Mesin roasting kopi kapasitas 30kg (1unit), Mesin sortir kopi (1unit), Mesin grinder kopi (1unit), Mesin Continues Sealer (1unit), dan Timbangan digital (1unit),” ungkapnya.

Sementara, Feby, perwakilan komunitas Gamba Kupi, mengucapkan terima kasih kepada PLN UID Lampung yang telah memberikan bantuan dan pelatihan kepada komunitasnya.

“Alhamdulillah, semoga ini bermanfaat dikemudian hari, terima kasih atas pelatihan dan bantun yang diberikan. Jujur kami memang memerlukan dan pelatihan ini sangat-sangat berarti bagi kami yang masih merintis ini,” ungkap Feby. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *